Selasa, 15 Oktober 2024

Project Class

Rencana pelajaran

Menambahkan Trek

Hasil Penting

Siswa akan…

menunjukkan kemampuan mereka untuk menambahkan trek instrumen perangkat lunak dengan membuat proyek dengan setidaknya tiga trek

Aktivitas/Proyek


Guru akan memperkenalkan Soundtrap sebagai studio rekaman daring


Siswa akan memasuki studio Soundtrap dan memilih Musik atau Podcast (tidak banyak perbedaan).


Guru kemudian akan memberi siswa waktu 10 menit untuk menjelajahi studio dan berbagi bahwa di akhir, mereka harus berbagi "1 hal keren" yang mereka perhatikan, tetapi mereka tidak dapat mengulangi apa yang dikatakan orang lain.


Siswa kemudian akan membagikan satu per satu "1 hal keren" yang mereka temukan di studio


Guru kemudian akan meminta siswa menambahkan 3 trek baru:


Suara & Mikrofon: untuk merekam diri mereka sendiri saat mengatakan sesuatu


Drum & Mesin: untuk mengisi kotak untuk membuat ketukan drum


Siswa dapat memilih- Tuts, Bass & 808, Gitar, Synth, atau Orkestra


Berikan siswa waktu untuk menjelajah sambil menjelajahi ruangan, menjawab pertanyaan.


Siswa tidak akan membagikan proyek mereka hari ini karena ini hanyalah penjelajahan studio.

Rabu, 31 Juli 2024

Ujian Yang Dinilai

Kelas 1 dan 2 Materi musik yang dipilih untuk kelas-kelas ini pada dasarnya bersifat dasar. Hanya tanda waktu dan kunci dasar yang digunakan. Materi melodi dan ritme sederhana. Indikasi dinamika, artikulasi, frase, dan ornamen hanya akan muncul secara sporadis dalam musik, dan akan terbatas pada jenis-jenis dasar. Repertoar tangga nada dan arpeggio dalam Komponen 1 terbatas pada contoh-contoh yang paling mudah. ​​Durasi karya dalam Komponen 2 umumnya dibatasi maksimal 1 hingga 2 menit. Pencapaian teknis merupakan elemen penilaian yang lebih penting daripada musikalitas, dan harapan akan komunikasi terbatas.

Persyaratan Ujian Grade 1 dan Grade 2

Kelas 1 dan 2 Kandidat harus mampu: • menyebutkan, dan menjelaskan arti dari, semua elemen notasi dasar dalam musik yang dibawakan dalam komponen Pertunjukan ujian, termasuk: paranada, birama dan garis birama, kunci, nada dari masing-masing not, nilai ritmis dari not dan tanda jeda (termasuk not bertitik), tanda kunci dan tanda waktu, tanda aksidental, dinamika, tanda artikulasi, frasa, ornamen, dan tanda tambahan lainnya • menjelaskan karya musik mana yang menjadi favorit mereka dan mengapa • menetapkan kata-kata deskriptif sederhana untuk karya musik untuk menggambarkan suasana hati mereka ('gembira', 'sedih', 'gembira', 'jazzy', 'lembut', dll.)

Seputar Syllabus

Pengetahuan yang dibutuhkan untuk Diskusi bersifat kumulatif; pengetahuan apa pun yang dibutuhkan di kelas-kelas sebelumnya dibutuhkan untuk kelas-kelas berikutnya. Tidak ada bentuk kata yang ditetapkan, atau jumlah pertanyaan; penguji didorong untuk melakukan tes dengan cara yang fleksibel dan komunikatif. Kandidat tidak diharapkan untuk menunjukkan alat musik mereka atau bernyanyi, tetapi mereka dapat memilih untuk melakukannya jika mereka merasa hal itu akan memperjelas jawaban mereka. Meskipun akurasi dan kesesuaian respons merupakan kriteria utama penilaian, penguji juga akan mencari artikulasi, penggunaan terminologi yang benar, dan rasa keterlibatan dengan, dan pemahaman terhadap, musik yang dimainkan.

Jumat, 12 Juli 2024

Manfaat Musik

Musik meningkatkan kesehatan mental dan fisik, mengurangi stres, kecemasan, dan depresi, meningkatkan fungsi kognitif, kreativitas dan memori, serta dapat menjadi bentuk terapi bagi individu penyandang disabilitas. Ini menyatukan orang, membangkitkan emosi, dan membawa kegembiraan dalam hidup kita, melampaui hambatan bahasa dan menciptakan kenangan abadi.

Kamis, 11 Juli 2024

Elemen Dasar Musik

Musik, bahasa universal yang telah ada selama berabad-abad, terdiri dari empat elemen kunci: ritme, melodi, harmoni, dan dinamika. Kombinasi elemen-elemen ini menciptakan bentuk seni yang ekspresif dan indah yang dapat menginspirasi orang di seluruh dunia.

Rabu, 10 Juli 2024

Karakteristik Musik

Musik adalah bahasa universal yang menggabungkan suara dan ritme untuk membangkitkan emosi. Ia memiliki berbagai unsur, antara lain melodi, harmoni, ritme, tempo, dinamika, dan timbre, serta dapat dinikmati oleh semua usia dan latar belakang.

Lembar Kerja Musik

Berikut adalah beberapa ide lembar kerja musik yang bisa  digunakan untuk mengajar . Lembar kerja ini dirancang untuk membantu siswa siswi m...